Subsidi BBM, harga BBM

Hitung-hitungan amatir dan geje Catatan Sang Geje tentang kenaikan harga BBM

Coba gaya-gayaan ah bikin hitung-hitungan tentang BBM secara amatir, hehehehe:

  1. Produksi minyak di Indonesia sekitar 850 ribu barel / hari.
  2. Kebutuhan konsumsi BBM nasional sekitar 1,5 juta barel perhari
  3. Kekurangan yang harus diimpor 650 ribu barel / hari atau 103.350.000 liter / hari
  4. Harga minyak mentah dunia $ 80 / barel
  5. Nilai tukar dolar ke rupiah $ 1 = Rp. 12.000
  6. Biaya impor minyak mentah $ 80 x 650 ribu = $ 52.000.000 x Rp. 12.000 = Rp. 624 milyar / hari
Subsidi BBM, harga BBM

Kenaikan harga BBM diperlukan untuk menekan pengeluaran pemerintah di sektor subsidi energi!

Bagi sebagian orang, mungkin keputusan pemerintah dianggap sebagai blunder besar, dengan harga $ 80 / barel, maka seharusnya harga BBM satu liter sama dengan $ 80 x Rp. 12.000 / 159 liter = Rp. 6.038 / liter. Tapi kenapa kok pemerintah Jokowi menjual Rp. 8.500?

Ingat, yang kita impor adalah minyak mentah, minyak mentah tidak bisa langsung digunakan sebagai bahan bakar. Ada 2 proses biasanya sebelum minyak itu bisa digunakan sebagai bahan bakar, yaitu proses upstream (finding dan lifting), dan downstream (refinery and distributing).

Baca lebih lanjut

CHATING dengan TUHAN Jilid VII

CHATING dengan TUHAN/ALLAH/YESUS/YHWH/SANG HYANG WIDI/YANG MUTLAK Jilid VII

 

Kehidupanku berjalan cukup tenang, beberapa hari aku tidak lagi diganggu oleh permintaan tuhan yang kesepian yang memintaku untuk menemaninya chating sambil ngopi dan ngerokok. Namun, ternyata kedamaianku hanya sebentar, karena saat aku lagi asyik membaca postingan penuh ilmu di Neraka Blogernas, tiba-tiba sms dari nomer tak dikenal masuk. Isinya sebagai berikut:

 

“Hai tong ini tuhan, aku terpaksa mengganggu lu lagi, karena gw begitu kesepian tak punya temen. Sekarang cepat buka akun lu. NB: Jangan pura-pura, gw tahu apa yang kamu lakuin. Tuhan!”

 

Dengan wajah kaget campur kesel karena aku lagi enak-enaknya ngobrol ama 3 orang idolaku, NAbi EA, Mbak Esther, dan TL, namun aku harus mendahulukan kepentingan tuhan yang maha pecemburu ini.

 

Saya: Ada apa lagi tuhan?

 

Tuhan: Hehehehehehe, gw kangen ama lu tong. Gw pengen ngobrol ama lu. Tapi lu rileks, kali ini gw sediakan kopi dan rokok dari surga untuk lu. Lu pengen gak?

 

Saya: Ah, tuhan, masak saya mau nolak, ntar katanya aku kufur karena menolak rejeki, hehehehehe.

 

Tuhan: Hahahahahahaha, ya udah, lu pejamin mata, maka kopi dan rokok akan segera ada disamping mouse lu.

 

Aku lakukan perintah tuhan, dan hanya dalam hitungan kurang dari 1 menit, segelas kopi dan sebungkus rokok sudah ada dimejaku. Wah, tuhan ternyata lebih hebat dari para pesulap yang ada di dunia. Karena penasaran, aku coba kopinya, dan kunyalakan rokoknya.

 

Tuhan: Udah nyampai kopi ama rokoknya?

 

Saya: Udah tuhan. Tapi maaf nich tuhan, rokok dan kopinya kok gak jauh beda ama yang ada di bumi?

 

Tuhan: Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk, sebenarnya itu kopi dan rokok yang gw beli di warung pak Budi, tempat cangkrukan langganan lu. Maaf tong, panen kopi ama tembakau lagi gagal di surga, jadi gw gak bisa kaih yang made in surga, hehehehehehe.

 

Saya: Lho, kok bisa panen di surga gagal?

 

Tuhan: Khan lu tau sendiri, para malaikat lagi demo and mogok kerja, akhirnya aku harus kerja sendiri. Ternyata, tanpa bantuan malaikat susah juga ya kerja. Ini gw tadi masih bernegoisasi dengan mereka. Tapi mereka bilang mau pikir-pikir dulu.

 

Saya: Hahahahahaha, makanya tuhan, dinaikkan tuch gaji malaikat.

 

Tuhan: Udah tong, UMA (Upah Minimum Akhirat) udah aku naikkan 2 kali lipat bagi mereka.

Baca lebih lanjut