SDA, Korupsi dana haji

KPK: Status Suryadharma Ali resmi tersangka

Entah apa yang ada dibenak Prabowo saat ini mendengar berita yang cukup mengejutkan ini. Baru-baru ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Suryadharma Ali sebagai tersangka dalam kasus korupsi dana haji. Bukan hanya SDA (panggilan untuk Menteri Agama tersebut), rekan-rekannya yang lain juga dinaikkan statusnya sebagai tersangka. Hal ini tentu menjadi ganjalan bagi poros Gerindra, mengingat partai PPP yang menjadi mitra koalisinya, ketuanya tersandung kasus kriminal.

SDA, Korupsi dana haji

KPK telah menetapkan Menteri Agama, Suryadharma Ali sebagai tersangka dalam kasus korupsi dana haji

Penetapan Suryadharma Ali sebagai tersangka diungkapkan langsung oleh wakil ketua KPK, Busyro Muqqodas. “Sudah naik penyidikan dengan SDA (Suryadharma Ali) dkk sebagai tersangka,” tulis Busyro dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com.

KPK memang telah lama menyelidiki kasus korupsi dana haji di Kementerian Agama. Mereka mengendus adanya dugaan praktik korupsi proses penyelenggaraan haji tahun anggaran 2012-2013. yang dilakukan beberapa oknum. Dana pemondokan, katering, dan transportasi adalah sektor-sektor yang diduga jadi ladang koruptor mengeruk uang negara.

Menurut jubir (Juru Bicara) KPK, Johan Budi, anggaran yang terpakai untuk proses penyelenggaraan haji di tahun 2012-2013 lebih dari Rp. 1 trilyun. Lalu berapa kerugian yang dialami negara? Hingga saat ini, pihaknya masih menghitung kerugian yang mungkin dialami negara.

KPK menganggap Menteri Agama tersebut telah melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 juncto Pasal 65 ayat 1. Suryadharma dianggap menyalahgunakan kewenangannya sehingga merugikan keuangan negara.

Penetapan SDA sebagai tersangka dalam kasus korupsi dana haji jelas merupakan tamparan keras bagi Kementerian Agama. Sebuah lembaga yang seharusnya diisi oleh orang-orang yang takut kepada tuhan, justru ketuanya berbuat hal yang memalukan.

Bukan hanya tamparan bagi Kemenag, namun ini juga tamparan keras bagi Prabowo dan koalisi Gerindra. Apalagi, sebelumnya calon presiden tersebut sempat memuji kinerja Suryadharma Ali. Menurutnya, proses penyelenggaraan haji yang dilakukan Kementerian Agama sudah berjalan baik dan lancar. Nah, apakah naiknya status SDA bakal berdampak pada dukungan suara terhadap Prabowo? Kita lihat saja nanti.

Tinggalkan komentar